MAKALAH
MENGUKUR KUALITAS ARSITEKTUR KOMPUTER
Dosen pengampu : Bapak anwari
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas :
ARSITEKTUK KOMPUTER

Di susun oleh :
IRMAWATI : 2017.02.01.0.0009
A.KHALILULLAH : 2017.02.01.0.0008
AINUL YAQIN : 2017.02.01.0.0010

PRODI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS ISLAM MADURA


`KATA PENGANTAR


      Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena atas limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah tentang “mengukur kualitas arsitektur komputer” Tidak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik materi maupun pikirannya.

    Dan harapan kami semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik lagi.

    Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini, Oleh karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.



PAMEKASAN,  23 OKTOBER 2018


Penyusun







DAFTAR ISI

Table of Contents
`KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I 4
PENDAHULUAN 4
A. LATAR BELAKANG 4
B. RUMUSAN MASALAH 4
BAB II 5
PEMBAHASAN 5
A. Daya Terap( applicability) 5
B. Daya Tempa (malleability) 5
C. Daya Kembang(expandibility) 6
D. Compatible 7
BAB III 8
PENUTUP 8
A. KESIMPULAN 8
DAFTAR PUSTAKA 9





BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
              Sebagaimana arsitektur bangunan, kualitas atau mutu arsitektur komputer tidak mudah diukur. Seperti halnya atribut yang menjadikan arsitektur bangunan bermutu, sebagian besar atribut berikut sulit dihitung. Pada hakekatnya, suatu arsitektur yang baik untuk satu aplikasi mungkin saja jelek untuk aplikasi yang lain, dan sebaliknya. Pada bagian ini, kita akan membahas enam atribut mutu arsitektur: generalitas (keumuman), daya terap, efisiensi, kemudahan penggunaan, daya tempa, dan daya kembang (ekpandabilitas).
Ada beberpa faktor yang mempengaruhi keberhasilan arsitekturkomputer, tiga diantaranya adalah:
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya yaitu:
1. Aplicability
2. Maleability
3. Expandibility
4. Comptible
B. RUMUSAN MASALAH
1. Daya Terap (Aplicability)
2. Daya Tempa (Maleability)
3. Daya Kembang(Expandibility)
4. (Comptible)


BAB II
PEMBAHASAN

A. Daya Terap( applicability)
           Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya. Komputer yang terutama dirancang untuk satu dari dua area aplikasi utama: (1) aplikasi ilmiah dan teknis dan (2) aplikasi komersil biasa. Aplikasi ilmiah dan teknis adalah aplikasi yang biasanya untuk memecahkan persamaan kompleks dan untuk penggunaan aritmetik floating point ekstensif. Mereka ini adalah computation-intensive application (aplikasi komputasi intensit), yang berarti mereka mempunyai rasio operasi CPU ke memori dan operasi I/O yang jauh lebih tinggi dari pada aplikasi lain (walaupun banyak komputasi simbolisnya juga merupakan computation-intensive). Aplikasi komersil umum atau biasa adalah aplikasi yang didukung oleh pusat komputer biasa: menghimpun (compiling), menghitung (accounting), mengedit, penggunaan spreadsheet,dan word prosesing, seperti yang ada di komputer secara umum.
B. Daya Tempa (malleability)
          Empat ukuran sebelumnya daya terap, generalitas, efisiensi, dan kemudahan      penggunaan berlaku untuk arsitekturrumpun komputer. Dua ukuran yang terakhir daya tempa dan daya kembang umumnya berlaku untuk implementasi komputer dalam satu rumpun. Daya terap arsitektur adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk membuat mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain. Secara analogis, bila seseorang

 

       menamakan suatu arsitektur rumah sebagai rumah kolonial, maka dimungkinkan rumah tersebut mempunyai ukuran dan gaya yang berbeda dengan yang lain. Sebaliknya, jika arsitektur telah menentukan rencana induknya, maka hanya dimungkinkan sedikit variasi implementasi. Umumnya, arsitektur mencakup banyak gambaran setiap tingkat dengan detail. Rencana dasar atau induk dari rumah kolonial tersebut meliputi berbagai detail, misalnya tembok, pintu, saluran listrik dan air. Dalam kaitannya dengan komputer personal standart industri, spesifikasinya longgar, seperti halnya spesifikasi pada rumah kolonial tersebut. Pada Apple Macintosh atau IBM PC AT, spesifikasi arsitekturnya jauh lebih lengkap, sehingga semua implementasi hampir sama.
C. Daya Kembang(expandibility)
Daya kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang berjangkauan luas dalam anggota rumpun. Sebagai contoh, karena arsitektur DEC VAX hanya menentukan ukuran memori secara tidak langsung dan hanya berada dalam batasan luas tertentu, maka komputer VAX mempunyai ukuran memori yang bervariasi yang lebih dari satu faktor 1000.
   Para perancang dapat memperoleh daya kembang memori ekstemal dengan berbagai cara: Mereka dapat meningkatkan jurhlah eralatan atau mereka dapat meningkatkan kecepatan peralatan tersebut dalam menggerakkan data ke dan dari dunia luar. Banyak arsitektur yang mengabaikan aspek penentuan struktur I/O. Kurangnya spesifikasi akan meningkatkan daya kembang, namun ia bisa juga meningkatkan jumlah pemrograman kembali yang diperlukan oleh anggota rumpun yang baru.




Beberapa komputer mempunyai lebih dari satu CPU. Dalam hal ini, daya kembang juga berkaitan dengan jumlah CPU yang dapat digunakan oleh sistem secara efektif. Barrier (penyangga) pada komputer yang mempunyai CPU lebih dari satu umumnya tidak jelas. Jika programmer sistem mendapatkan kesulitan untuk menyinkronkan CPU-CPU, misalnya, maka sinkronisasi ini secara efektif akan membatasi jumlah CPU yang dapat digunakan sistem.

D. Compatible
 Compatible adalah istilah yang menjelaskan komputer , baik software dan hardware yang compatible dengan standart dari pc ibm yang sering juga di sebut ibm clone Mayoritas komputer sekarang sudah sama dengan ibm clone tersebut, karean mayoritas semua sudah ter kiblat ke ibm komputer terutama yang paling terkenal adalah macintosh









BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan:
1. Arsitektur ini ada pada applicability, malleability, expandibility, compatible, untuk memudahkan mengukur kualitas computer
2. Arsitektur ini baik untuk aplikasi-aplikasi
3. Arsitektur computer ini juga dirancang untuk satu atau dua area aplikasi utama













DAFTAR PUSTAKA

Contoh makalah Arsitektur Komputer, di akses  pada tanggal  11 April 2015. http://makulku.blogspot.com/2012/06/contoh-makalah-arsitektur-komputer.html

Kadir, Ahmad. Contoh Makalah Struktur Organisasi Komputer, di akses pada tanggal 11 April 2015.
http://kaholeo.blogspot.com/2014/04/contoh-makalah-struktur-organisasi.html

Abdurrahman, Solekhudin. Makalah Arsitektur Komputer,  di akses pada tanggal 10  April 2015.
http://liverpool007.blogspot.com/2009/07/makalah-arsitektur-komputer.html

Pengertian dan Fungsi Processor, di akses pada tanggal 10 April 2015.
http://www.terwujud.com/2014/06/pengertian-dan-fungsi-processor.html

Lukman, Sukmanto. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, di akses pada tanggal 09 April 2015.
https://sukmantolukman.wordpress.com/kelas-on-line/komunikasi-data-dan-jaringan-komputer/

Pengertian Apapun, di akses pada tanggal 09 April 2015.
http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html

Arsitektur komputer, di akses pada tanggal 09 April 2015.
https://muhamadsyani.wordpress.com/2012/12/28/arsitektur-komputer/


Comxero, Andy. Pengertian Memori Komputer, di akses pada tanggal 08 April 2015.
http://com-xerocool.blogspot.com/2012/01/pengertian-memori.html

Ardiansyah, Deva. Pengertian InputDevice (unit masukan) Komputer dan Macam-macamnya, di akses pada tanggal 08 April 2015.
http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/pengertian-input-device-unit-masukan.html

Pengertian dan Fungsi Peralatan Output pada Komputer, di akses pada tanggal 08 April 2015.
http://jaringankomputer-pc.blogspot.com/2013/10/pengertian-dan-fungsi-peralatan-output.html


Komentar